5 Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif yang Benar

5 Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif yang Benar

5 Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif yang Benar

5 Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif yang Benar – Merawat kulit sensitif memang sangatlah tidak mudah. Oleh karena itu, wajar saja jika kamu merasa bingung terhadap jenis perawatan apa yang tepat bagi kulit sensitif.

Namun, tidak perlu khawatir. Sebab, ulasan kali ini membahas beberapa cara merawat kulit wajah sensitif yang baik dan benar. Daripada penasaran, maka langsung saja informasinya berikut ini.

1. Kurangi penggunaan produk skincare pada kulit wajah

Dalam penggunaan skincare, kulit sensitif pada dasarnya hanya membutuhkan tiga produk wajib untuk digunakan sehari-hari. Ketiga jenis skincare tersebut adalah cleanser, moisturizer, dan sunscreen.

Selain lebih simpel, basic skincare ini sudah sangat melengkapi apa yang kulit kamu butuhkan. Mulai dari pembersih, penjaga kelembapan, hingga perlindungan dari paparan sinar UV dan zat berbahaya lain.

2. Jangan terlalu sering mengganti-ganti produk skincare

Selain mengurangi penggunaan skincare, kamu juga harus menghindari gonta-ganti jenis produk yang terlalu sering. Pasalnya, melakukan hal ini secara terus-menerus justru dapat memicu kerusakan pada lapisan skin barrier yang ada pada kulit.

Oleh karena itu, jika kamu memang menemukan produk khusus kulit sensitif yang cocok dan baik dengan kulitmu, sebaiknya pertahankan penggunaan jenis skin barrier tersebut.

3. Hindari hal yang dapat memicu munculnya iritasi

Sebagai pemilik kulit sensitif, kamu juga harus sangat memperhatikan dan menghindari hal-hal yang dapat memicu kulit sensitifmu bereaksi. Ini sangat penting dilakukan guna mencegah munculnya iritasi dan hal buruk lainnya pada kulit wajahmu.

Menggunakan skincare kamu wajib perhatikan mulai dari kandungan skincare seperti, parfum, paparan sinar matahari, dan bahan iritan lainnya.

4. Batasi waktu mandi

Kulit sensitif biasanya cenderung memiliki tekstur yang kering. Maka dari itu, disarankan jika di saat mandi, kamu tidak menghabiskan waktu lebih dari 10 menit.

Selain itu, hindari pula penggunaan air dengan suhu yang terlalu panas karena dapat menghilangkan produksi minyak di wajah. Kalau sampai lalai, jangan kaget jika tiba-tiba muncul ruam kemerahan pada kulitmu.

5. Saat muncul ruam dan kemerahan, segera hindari paparan sinar matahari

Langkah terakhir ini adalah hal yang harus kamu lakukan ketika kulit wajah mulai mengalami iritasi. Sebab, ketika muncul ruam dan kemerahan, itu artinya kulit jadi lebih mudah terkena infeksi hingga berisiko menimbulkan masalah yang lebih serius.

Untuk itu, saat ini terjadi, segera hindari paparan sinar matahari langsung. Gunakan juga pelindung wajah, seperti payung atau topi.

Demikianlah informasi mengenai beberapa cara merawat kulit wajah sensitif yang baik dan benar. Semoga bisa membantu kamu menghadapi masalah tersebut.