Beberapa Manfaat Minyak Oregano

Beberapa Manfaat Minyak Oregano

Beberapa Manfaat Minyak Oregano

Beberapa Manfaat Minyak Oregano – Minyak oregano diketahui memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antialergi. Tak heran bila minyak oregano kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan.

Manfaat-manfaat menyehatkan dari minyak oregano tak lepas dari komponen zat-zat penyusunnya. Salah satu komponen yang dimiliki minyak oregano adalah Carvacrol. Carvacrol merupakan fenol yang mengandung sifat menyembuhkan dan antitumor.

Ada pula kandungan Timol pada minyak oregano yang memiliki sifat antifungal sehingga dapat melindungi tubuh dari toksin sekaligus meningkatkan sistem imun. Minyak oregano juga memiliki asam Rosmarinic yang merupakan antioksidan dan antihistamin yang bermanfaat dalam mengempiskan bengkak akibat reaksi alergi.

Minyak oregano terbuat dari oregano yang terkenal sebagai tanaman herbal dan sering digunakan pula sebagai penyedap makanan di negara kawasan Mediterania, Asia Tengah dan Asia Selatan.

Minyak oregano mengandung carvacrol dan timol, dua senyawa aktif yang mempunyai peran dalam melindungi terhadap racun dan melawan infeksi jamur.

Membantu melawan bakteri

Selain dikemas dengan antioksidan yang tinggi, minyak oregano termasuk antibiotik alami karena di dalamnya terdapat kandungan carvacrol yang dapat membantu melawan bakteri seperti dikutip dari Medical News Today. Salah satu bakteri yang menyerang tubuh yaitu staphylococcus aureus, ialah bakteri yang mampu menyebabkan keracunan dan infeksi kulit.

Pernah dilakukan penelitian pada 14 ekor tikus yang terinfeksi staphylococcus aureus, minyak oregano justru meningkatkan kelangsungan hidup tikus-tikus tersebut selama 30 hari. Dengan kata lain tikus-tikus yang dipengaruhi oleh minyak oregano mempunyai harapan hidup hingga 50% ketimbang tikus yang menerima antibiotik biasa.

Mengusir serangga serta rasa gatal yang dibawanya

Di tahun 2017 lalu, para peneliti menemukan bahwa carvacrol dan thymol ialah senyawa pada oregano yang ampuh dalam mengusir serangga, kutu dan nyamuk, seperti dikutip melalui laman Very Well Health.

Nah, buat kamu yang sudah terlanjur gatal akibat serangga atau nyamuk dapat menggosokan minyak oregano ke kulit. Karena, sifat anti-inflamasi minyak oregano dapat meredakan ruam, rasa gatal, dan pembengkakan yang disebabkan serangga dan lainnya.

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Radikal bebas merupakan masalah serius pada tubuh yang mesti ditangani. Jika dibiarkan begitu saja tanpa ada tindakan, alhasil akan menggerogoti ketahanan tubuh yang kemudian mengembangkan penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung.

Sadar atau tidak, radikal bebas ternyata ada di sekitar kita dan merupakan produk alami metabolisme. Karena itu, kita mesti menyiasatinya dengan memanfaatkan kegunaan minyak oregano.

Dikutip melalui laman Healthline, minyak oregano memiliki konsentrasi antioksidan tinggi. Setelah diteliti bersama tanaman lain seperti thyme, marjoram, dan st. john’s wort. Oregano menempati posisi pertama sebagai tanaman yang mengandung 3-30 kali kadar antioksidan. Sebab itu, minyak oregano dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Membantu mengatasi alergi

Dikutip dari laman The Healthy, minyak oregano yang mengandung anti-inflamasi memodifikasi bagaimana sistem kekebalan tubuh dapat merespon munculnya alergen potensial. Sehingga dapat dimanfaatkan dalam mengatasi alergi dengan mengurangi gejalanya.