Bisakah Vaksin Influenza Mencegah Virus Corona COVID-19?

Bisakah Vaksin Influenza Mencegah Virus Corona COVID-19

Bisakah Vaksin Influenza Mencegah Virus Corona COVID-19?

Bisakah Vaksin Influenza Mencegah Virus Corona COVID-19? – Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) Kemenpora RI dan Satgas Imunisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) menyatakan bahwa pentingnya vaksin influenza pada atlet untuk meningkatkan imun atau kekebalan tubuh.  Benarkah bisa mencegah virus corona?

Dokter Spesialis penyakit Sabung Ayam Online dalam  Dr Anshari, SpPD yang merupakan salah satu anggota Satgas Imunisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) menjelaskan keterkaitan vaksin influenza dengan Covid-19.

BACA JUGA : Pemerintah Akan Siapkan Tiga Pulau Karantina Virus Corona

“Jika kita terkena infeksi influeza,  maka risiko kita terkena penyakit atau virus lain termasuk Covid-19 (Corona) termasuk besar,  Sehingga saluran napas kita itu sistem imunnya atau kekebalan tubuh menurun karena terkena virus influenza. Oleh karena itu vaksin influenza itu sangat lah penting bagi tubuh kita” ujarnya saat ditemui di kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Indonesia, Gedung FX Office Tower, Lantai 17, Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020).

Oleh karena itu, Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD-KAI, menetapkan hingga sampai saat ini vaksin Covid-19 belum tersedia. Menurutnya, penggunaan vaksin influenza khusus ditujukan untuk mencegah influenza dan belum bisa dikatakan menurunkan risiko tertular virus corona atau Covid-19.

“Tidak ada pengaruhnya, hanya mencegah, benar sekali vaksin influenza itu influenza, spesifik, itu cuma kan kita nggak tahu penyakit apa yang ada sekarang, bisa influenza bisa Covid-19 atau virus yang lainnya, makanya kita melakukan vaksin influenza saja yang ada dulu, vaksin Covid-19 belum ada,” ungkapnya.

Hingga saat ini memang belum ada pernyataan resmi terkait untuk ketersediaan vaksin Covid-19. Namun, beberapa ahli mengungkap terdapat beberapa alternatif yang bisa meningkatkan imunitas tubuh kita seperti jahe merah dan lengkuas yang akhirnya banyak diburu di pasar-pasar.

Virus corona (COVID-19) yang mulai mewabah di dunia sejak awal tahun 2020 lalu sering dibandingkan dengan virus influenza (flu). Keduanya menyebabkan masalah pernapasan dan memiliki gejala serupa namun virus flu sudah lebih lama menyebar di dunia.

BACA JUGA : Virus corona: Seperti apa gejala Covid-19 dan bagaimana penjelasan dokter soal penyebaran dan penyembuhan

Terkait hal tersebut Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan bahwa virus Corona atau COVID-19 lebih mematikan daripada flu. Hingga saat ini tingkat kematian karena COVID-19 ada di angka 3,4 persen sementara flu berada di bawah 1 persen.

Namun demikian Tedros menyebut dunia masih memiliki kesempatan untuk menghentikan COVID-19. Berbeda dengan flu yang saat ini sudah menyebar luas menjadi penyakit musiman.

“Kesimpulannya virus corona atau COVID-19 menyebar tidak lebih efisien dibanding flu, transmisinya tidak didorong oleh orang-orang yang tidak sakit, menyebabkan gejala yang lebih parah dari flu, belum ada vaksin atau obatnya, dan masih bisa dikendalikan,” kata Tedros seperti dikutip dari Reuters, Rabu (4/3/2020).

Data WHO mencatat flu musiman bisa menyebabkan lebih dari 3-5 juta kasus penyakit parah yang berujung pada 290 ribu sampai 650 ribu kematian tiap wabah. Sementara COVID-19 tercatat jumlah kasus yang terkonfirmasi hingga Rabu (4/3) ada 93 ribu kasus, sekitar 3.000 kematian, dan lebih dari 50 ribu orang sembuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *