Cara Alami Mengatasi Kebotakan

Cara Alami Mengatasi Kebotakan

Cara Alami Mengatasi Kebotakan

Cara Alami Mengatasi Kebotakan – Menyisir rambut kerap meninggalkan helai-helai rambut pada sisir. Umumnya orang akan kehilangan sekitar 50-100 helai rambut per hari. Hal tersebut kadang tidak disadari karena rambut baru pun tumbuh dalam waktu bersamaan. Namun pada kasus kebotakan, rambut baru tidak mampu menggantikan rambut yang rontok.

Faktor risiko kebotakan antara lain, keturunan, perubahan hormon, proses pengobatan, terapi radiasi pada kepala, stres dan penataan rambut berlebihan. Sebelum mencoba produk perawatan rambut, ada baiknya Anda mengerahkan cara-cara alami sebagai berikut.

Gel lidah buaya

Lidah buaya alias aloe vera sejak lama dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Lidah buaya bisa membantu menenangkan kulit kepala yang rusak, menciptakan lingkungan yang sehat untuk mengisi dan menumbuhkan sel-sel rambut. Lidah buaya pun bisa membantu membersihkan minyak berlebih yang menyumbat folikel dan menghambat pertumbuhan rambut.

Melansir dariĀ Healthline, Anda bisa menggunakan lidah buaya secara topikal. Cukup iris lidah buaya, ambil gelnya dan dioleskan langsung ke kulit kepala. Gunakan selama berulang, beberapa kali dalam seminggu. Selain itu, Anda bisa memilih produk perawatan rambut yang mengandung Aloe vera.

Cuka apel

Kerusakan rambut termasuk rambut rontok hingga berakibat kebotakan bisa disebabkan penyumbatan pada folikel rambut. Folikel rambut merupakan kulit tempat rambut tumbuh.

Saat folikel rambut tersumbat dan kehilangan minyak, bakteri pun menumpuk dan minyak yang sehat jadi langka. Akibatnya rambut rontok dan berisiko pada kebotakan. Untuk mencegah atau memperbaiki folikel yang tersumbat, Anda sebaiknya mencoba membilas rambut kulit kepala dengan campuran cuka apel dan air.

Setelah keramas dan menggunakan kondisioner, oles kulit kepala dengan campuran cuka apel dan air. Pijat dan diamkan selama beberapa menit, baru bilas. Melansir dariĀ Reader’s Digest, perawatan rambut rontok alami ini dapat bekerja secara ajaib untuk membuka pori-pori dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang mampu menembus bagian dalam batang rambut dan menurunkan protein yang hilang dari rambut. Penggunaan minyak kelapa bisa sebelum atau sesudah keramas tergantung dari jenis rambut.

Jika Anda memiliki tipe rambut berminyak, sebaiknya gunakan minyak kelapa di malam hari atau beberapa jam sebelum keramas. Ambil minyak secukupnya dan pijatkan merata ke seluruh kulit kepala. Diamkan baru kemudian keramas seperti biasa.

Untuk tipe rambut kering, Anda bisa menggunakannya sebagai minyak rambut tanpa harus dilanjutkan dengan keramas.

Minyak rosemary

Rosemary (Rosmarinus officinalis) adalah tumbuhan penghasil rempah sekaligus bahan minyak esensial. Minyak rosemary bisa jadi pilihan Anda untuk memicu pertumbuhan rambut dan mengatasi kebotakan.

Tambahkan beberapa tetes minyak rosemary pada sampo, kondisioner atau masker rambut Anda. Sebaiknya minyak rosemary tidak dioleskan langsung pada kulit kepala karena bisa mengakibatkan iritasi.

Telur

Metode satu ini mungkin sama sekali tidak menarik. Namun masker telur untuk rambut memang bisa membantu Anda mengatasi kerontokan rambut.

Telur memicu pertumbuhan rambut karena kandungan proteinnya yang tinggi. Sebanyak 70 persen bagian rambut merupakan protein keratin sehingga telur dianggap bisa merawat kerusakan rambut.

Caranya, kocok sebutir telur dengan satu sendok makan minyak zaitun. Cuci rambut seperti biasa lalu balurkan masker telur. Diamkan setidaknya selama 10 menit baru setelah itu bilas dan gunakan kondisioner sebagai langkah akhir.