Cara Mengatasi Masalah Gangguan Kesehatan mental

Cara Mengatasi Masalah Gangguan Kesehatan mental

Cara Mengatasi Masalah Gangguan Kesehatan mental

Psikoterapi Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental - Alodokter

Cara Mengatasi Masalah Gangguan Kesehatan mental – Ketika ada yang mengatakan kesehatan emosional atau mental sangat penting untuk kesejahteraan seseorang, mereka tidak salah. Persepsi kesehatan yang baik tidak hanya terbatas pada seberapa bagus fungsi tubuh, tetapi juga seberapa bahagia kamu.

Menurut WHO, orang dengan gangguan kesehatan mental meninggal 10 hingga 20 tahun lebih awal daripada orang normal. Kesehatan mental juga mampu mempengaruhi seseorang melakukan bunuh diri. Dalam setiap 40 detik ada satu orang yang bunuh diri karena kesehatan mentalnya terganggu.

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk merawat kesehatan mental, yang pada akhirnya akan melindungi kesehatan mental secara keseluruhan. Mau tahu caranya, berikut ulasannya!

1. Terima dan pahami kesehatan mental kamu

Banyak orang tidak mau menerima kenyataan bahwa mereka berada di bawah bayang-bayang gangguan mental karena masalah sosial. Oleh karena itu langkah pertama untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan menerima fakta ini tanpa rasa takut dan memahami penyebabnya. Ini membantu dalam menemukan solusi terbaik untuk masalah kesehatan mental dan menyelesaikannya sebelum terlambat.

2. Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif bertujuan untuk mengevaluasi pola pikir, emosi, dan perilaku yang menjadi sumber masalah dalam kehidupan pasien. Setelah itu, dokter atau psikolog akan melatih pasien untuk merespon sumber masalah tersebut dengan cara yang positif.

Misalnya jika dulu pasien sering menggunakan obat-obatan atau minuman beralkohol untuk mengatasi stres, maka dengan psikoterapi ini, pasien akan dilatih untuk merespon stres dengan aktivitas yang lebih positif, misalnya berolahraga atau meditasi.

3. Alihkan pikiran ke hal positif

Depresi sering membuat seseorang kesepian dan memutuskan hubungan mereka dari dunia. Mengalihkan pikiran ke hal-hal yang disukai seperti menonton film, bermain game favorit atau melakukan hobi baru adalah cara terbaik untuk mengelola masalah kesehatan mental. Ini membantu menjaga pikiran kamu sibuk dan menyalurkan stres di tempat lain.

4. Luapkan perasaan ke orang terdekat

Cara terbaik untuk menyingkirkan masalah kesehatan mental adalah dengan mencurahkan isi hati. Mengekspresikan dan membagikan emosi kamu kepada sahabat dan keluarga membantu melepaskan stres dan menenangkan pikiran. Semakin kamu berinteraksi dan berbagi masalah dengan orang lain, semakin kamu bisa menyingkirkan perasaan yang telah menyiksa.

5. Atur pola tidur

Banyak orang menjadi begitu sibuk dengan masalah-masalah dalam kehidupan dan pekerjaan, sehingga mereka lupa tidur. Penurunan jam tidur dapat menyebabkan suasana hati yang buruk, kurang konsentrasi dan masalah kesehatan lainnya. Tidur nyenyak setidaknya 7 jam untuk menjaga kesehatan mental.

6. Hipnoterapi

Hipnoterapi adalah teknik psikoterapi yang memanfaatkan hipnosis untuk membantu pasien agar bisa mengendalikan perilaku, emosi, atau pola pikirnya dengan lebih baik.

Metode psikoterapi ini cukup sering dilakukan untuk membuat pasien lebih rileks, mengurangi stres, meredakan nyeri, hingga membantu pasien berhenti melakukan kebiasaan buruknya, misalnya merokok atau makan berlebihan.

Untuk menangani masalah kejiwaan, psikoterapi sering kali dikombinasikan penggunaan obat-obatan, misalnya obat antidepresan, antipsikotik, obat pereda cemas, dan penstabil mood (mood stabilizer), tergantung apa diagnosis penyakit atau masalah kejiwaan yang diderita pasien.

Selain itu, hasil dari psikoterapi pun akan berbeda pada tiap individu. Jenis psikoterapi tertentu mungkin cocok untuk satu pasien, namun belum tentu efekfif jika diterapkan pada pasien yang lain. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan berkonsultasi dengan psikolog untuk menentukan terapi yang sesuai dengan kondisi Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *