Dampak Meletusnya Gunung Berapi

Dampak Meletusnya Gunung Berapi

Dampak Meletusnya Gunung Berapi

Dampak Meletusnya Gunung Berapi,- Gunung meletus menjadi fenomena alam langka yang sulit diprediksi. Gunung meletus biasanya akan mengeluarkan cairan magma yang disebut lava dengan suhu 700 hingga 1200 derajat celcius. Gunung meletus yang kerap terjadi apakah memberi dampak serius? Berikut ini dampak gunung meletus di berbagai segi baik positif dan negatif :

Dampak Positif Gunung Meletus
1. Destinasi Wisata Baru
Dampak gunung Meletus dari sisi positif yang pertama adalah menciptakan sebuah destinasi wisata baru. karena Adanya perubahan wilayah dan kondisi alam dari fenomena pasca-vulkanik, biasanya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Indo Poker.

2. Pembangkit Listrik Vulkanik
Wilayah sekitar gunung berapi yang sering meletus sangat tepat untuk dijadikan sebagai area pembangkit tenaga listrik vulkanik. Meggunakan energi panas yang dihasilkan dari sekitar gunung, tentunya akan menghemat tenaga di wilayah tersebut.

3. Pasir dan Batu Jadi Bahan Bangunan
Dampak gunung meletus dari sisi positif lainnya tentu didapath dari hasil semburan gunung tersebut. Ketika lava mengalir, tentu membawa material-material tertentu dengan kualitas baik, seperti pasir dan batu.

4. Hutan dengan Ekosistem Baru
Lava yang mengalir dan semburan awan panas dengan abu vulkaniknya tentu menciptakan perubahan pada ekosistem di sekitarnya, baik binatang maupun tumbuhan. Dampak gunung meletus diamati dari sisi positif, hal ini akan menciptakan ekosistem baru. Hutan yang rusak akibat letusan akan segera digantikan dengan pepohonan baru dengan membawa ekosistem baru juga.

5. Tanah Jadi Lebih Subur
Pasir hasil dari semburan gunung meletus akan membawa banyak pasir, serta tanah yang dilalui oleh abu vulkanis akan membuat tanah menjadi lebih subur dan sangat baik untuk bercocok tanam.

6. Mata Air Penuh Mineral
Dampak gunung Meletus dari sisi positif selanjutnya adalah munculnya mata air yang penuh dengan mineral berkhasiat, atau biasa disebut makdani. Makdani merupakan sumber air panas yang bisa menjadi pengobatan alami penyakit kulit, manfaat dari belerang.

7. Tambang Pasir Baru
Dampak gunung meletus yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat selain dari segi wisata, bisa melahirkan pula lokasi tambang pasir baru. Berbagai materi vulkanik terutama pasir kualitas bagus bisa dijual dengan harga tinggi.

8. Memicu Hujan Orografi
Hujan orografi atau orografis merupakan hujan yang terjadi di daerah pegunungan. Udara yang mengandung uap air bergerak naik ke atas pegunungan, hingga terjadi penurunan suhu dan terkondensasi. Akhirnya turun hujan di lereng gunung yang sangat menyejukkan, menenangkan, baik untuk kesehatan, dan wilayah lereng, yang berhadapan dengan datangnya angin.

BACA JUGA: 16 Dampak Gunung Meletus Dari Berbagai Segi, Baik Positif dan Negatif

Dampak Negatif Gunung Meletus gunung meletus
1. Hewan dan Manusia Meninggal
Tentunya dampak negatif dari gunung meletus ialah memakan banyak korban makhluk hidup, termasuk tumbuhan, hewan dan manusia. Beberapa warga ada yang tidak sempat melarikan diri akibat kecepatan awan panas yang dating tiba-tiba, sakit dari gas beracun, dan sebagainya.

2. Pencemaran Udara
Ketika gunung meletus, dampak yang bisa dirasakan hingga ke kota atau negara lain ialah pencemaran udara. Gas yang ikut disemburkan dari dalam perut bumi mengandung zat berbahaya, seperti sulfur dioksida (SO2), hidrogen sulfida (H2S), nitrogen dioksida (NO2) dan material debu lain yang biasanya mengandung racun.

3. Kebakaran Hutan
Magma yang keluar dari gunung menjadi lava dengan suhu yang begitu panas hingga mudah membakar hutan yang dilewatinya.

4. Awan Panas
Dampak negatif dari gunung meletus selanjutnya yakni keluarnya awan panas. Kecepatan awan panas yang berwarna seperti awan mendung gelap ini mampu menewaskan semua makhluk hidup yang dilaluinya.

5. Hujan Batuan Pijar
Gunung meletus juga melontarkan batu pijar yang mengarah kemana saja sejauh mungkin. Batu pijar panas yang bisa membakar bangunan, hutan, hingga bisa menewaskan.

6. Lahar yang Merusak

Dampak gunung meletus tentunya memunculkan lahar dengan berbagai jenis, seperti lahar dingin, lahar letusan eksplosif, lahar sekunder, dan lahar primer. Segala yang dilewati apalagi dengan wilayah yang landau, lahar akan mudah menghancurkan bangunan dalam sekejap. Keberadaannya yang mengancam ekosistem daerah pegunungan.

7. Melumpuhkan Aktivitas Masyarakat
Dampak negatif gunung meletus selanjutnya dengan melumpuhkan aktivitas masyarakat, baik dalam bercocok tanam dan mencari nafkah jadi terhenti karena terpaksa mengungsi cukup lama. Ekonomi yang harus dibangkitkan kembali dari awal setelah bencana alam.

8. Guguran Lava Pijar
Dampak negatif dari gunung meletus dengan adanya gugura lava pijar, yang berasal dari aliran lava atau kubah lava. Ketika longsor bisa mengikis tanah dengan luas berjuta meter kubik dan tentunya berbahaya bagi lingkungan.

Demikian beberapa dampak gunung meletus dari berbagai segi, baik positif dan negatif. Setiap manusia akan mengalami hal yang tidak terduga dan harus segera bangkit, setiap bencana yang terjadi pasti membawa berkah tersendiri bergantung dari cara memaknainya. Semoga bermanfaat.