Harga Emas Dunia Relatif Stabil, Imbas Isu Covid Runtuhkan Dolar

harga emas relatif stabil

Harga emas saat ini relatif stabil, karena kekhawatiran terjadinya gelombang kedua infeksi virus coron, yang kemudian perlahan runtuhkan keperkasaan dolar.

Harga emas sendiri di sport datar bernilai US$1.727,22 per ounce pada pukul 7 pagi, emas ini juga stabil di angka US$1.737 per ounce.

Baca Juga: Isu Hong Kong: Xinjiang Memicu Ketegangan Antara China & AS

Beijing sendiri laporakan bahwa kasus baru covid-19 untuk hari keenam serang wabah terburuk di ibukota tiongkok itu terjadi sejak awal februari. Sementara infeksi virus corona mencapai rekor tertinggi di enam negara bagian amerika.

Harga Emas Relatif Stabil

Pemain pasar juga mencermati meningkatnya ketegangan secara global, ketika pasukan India dan Tiongkok bentrok di kawasan perbatasan yang disengketakan. Sementara Korea Utara meledakkan kantor penghubung antar Korea yang didirikan di kota perbatasan. Emas kerap digunakan sebagai investasi yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan.

Prospek dari dukungan Federal Reserve dan Bank of Japan juga mendukung logam safe-haven tersebut. Namun, membatasi daya tarik emas, dolar menguat 0,1% terhadap sekelompok pesaingnya setelah rekor kenaikan penjualan ritel Amerika pada periode Mei.

Tingkat Penjualan ritel AS melonjak ke rekor 17,7% pada Mei, melampaui kenaikan 8% yang diperkirakan para analis. Serta mendukung pandangan bahwa resesi Amerika mungkin akan berakhir.

Data ekonomi Amerika yang lebih baik dari perkiraan dan hasil uji coba yang cukup menggembirakan bagi pengobatan Covid-19. Mengangkat minat investor untuk aset berisiko.

Steroid murah dan banyak digunakan yang disebut dexamethasone menjadi obat pertama yang terbukti dapat menyelamatkan nyawa pasien Covid-19 dalam apa yang dikatakan para ilmuwan adalah ‘terobosan besar’ dalam pandemi virus corona.

Harga logam lainnya, palladium turun 0,5% menjadi US$1.922,13 per ounce, sementara perak naik 0,4% menjadi US$17,46 per ounce, dan platinum sebagian besar tidak berubah di posisi US$820,04 per ounce.

Sementara itu dari dalam negeri, harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun pada hari ini, Rabu (17/6/2020).

Mengutip situs Logam Mulia, harga pecahan satu gram emas Antam berada di Rp895 ribu. Harga emas Antam ini turun Rp3 ribu dari harga Selasa (16/6/2020) kemarin di level Rp898 ribu.

Sementara, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam juga turun Rp3 ribu dan berada di Rp784 ribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *