Jokowi Ajak Artis Sosialisasi Masker

Jokowi Ajak Artis Sosialisasi Masker

Jokowi Ajak Artis Sosialisasi Masker

Jokowi Ajak Artis Sosialisasi Masker – Presiden Jokowi melibatkan sejumlah artis dan seniman untuk sosialisasi penggunaan masker di masyarakat di era pandemi corona. Para seniman tersebut diundang langsung ke Istana Negara, di antaranya Ari Lasso, Butet Kertarajasa, Cak Lontong, Desta, Tompi, Raffi Ahmad, dan sejumlah seniman lainnya.

“Pak Jokowi mengharapkan kami, kawan-kawan dari dunia seni membantu mengartikulasikan pemikiran-pemikiran strategis pemerintah untuk menyelamatkan dari ancaman pandemi,” ujar Butet usai bertemu Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Bantuan itu berupa sosialisasi sesuai keahlian masing-masing seniman agar anjuran protokol kesehatan pemerintah dapat dipatuhi masyarakat. “Misalnya harus pakai masker, harus jaga jarak, cuci tangan,” katanya.

Meski saat ini masker sudah hadir dalam berbagai bentuk dan warna, namun yang harus dipahami adalah masker bukan sekadar fashion item’ atau aksen dalam berpenampilan.

Masker bakal melindungi Anda dan orang sekitar Anda dari Covid-19 terlebih belum lama ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi penularan via airborne. Pertimbangan lainnya, meski tidak ada gejala, ternyata orang bisa saja jadi pembawa virus alias carrier.

Dalam pertemuan itu, Butet juga menyampaikan sejumlah masukan kepada Jokowi agar dapat memberi perhatian lebih pada para pekerja seni di tengah pandemi. Menurutnya, banyak pekerja seni yang terkena imbas covid-19.

“Kami juga beri masukan ke presiden bagaimana negara hadir terutama ke masyarakat seni. Kira-kira apa negara itu hadir, kepada penari, pengarang, sastrawan, teaterawan, pemain film, kru, pekerja seni, apapun,” kata Butet.

Ia mengakui dulu kerap memberi kritikan pada pemerintah karena dianggap tak hadir ketika ada musibah yang menimpa rakyat. Namun kali ini Butet menegaskan akan membantu pemerintah melawan pandemi covid-19.

“Saya terang-terangan ke pak presiden bahwa dulu saya paling keras, paling rajin kritik pemerintah karena negara absen, negara tidak hadir ketika ada musibah kepada rakyat,” katanya. “Hari ini saya ingin bantu pemerintah. Pemerintah harus hadir ketika rakyat dihajar pandemi,” imbuh Butet.

Sementara Cak Lontong mengatakan, selain memberi masukan pada pemerintah, seniman yang datang juga mendapat informasi terkait kondisi covid-19 di Indonesia dari Jokowi.

“Jadi harapannya ke depan bisa sinergi yang cepat memberikan guidance terutama bagi kita sebagai pekerja seni bagaimana menghadapi ini juga teman-teman yang terdampak,” katanya.