Kelemahan yang Dimiliki Oleh Motor Matic, Jarang Diketahui dan Berbahaya

Kelemahan yang DImiliki Oleh Motor Matic, Jarang Diketahui dan Berbahaya

Kelemahan yang Dimiliki Oleh Motor Matic

Kelemahan yang Dimiliki Oleh Motor MaticMotor matic menyandang predikat sebagai tipe dari sepeda motor yang paling laris manis di penjualannya yang meninggalkan tipe bebek, sport, dan juga ayam jago. Ketenarannya mampu untuk mengalahkan tipe lain semisalnya motor bebek dan batangan. Menjadi motor paling digemari karena kemudahannya dan kepraktisannya.

Baca juga : Rekor dari Para Kiper Terbaik Ini Akan Sangat Susah untuk Dipatahkan

Namun semua pasti gak ada yang sempurna, iya kan? Termasuk motor matic. Di balik kepraktisan dan kemudahan yang ada, pasti ada juga kekurangan yang menyertai. Meski sering tak disadari, ini 5 kekurangan yang ada motor matic.

Rem Rawan Blong

Kasus seperti ini bakal ditemui pada orang yang sering menggunakan motor dengan jalur naik turun ala pegunungan. Lantas penggunaan rem semakin sering hingga live22 deposit pulsa menyebabkan pemuaian atau panas berlebih di disc yang bisa membuat rem jadi blong. Berbeda dengan motor bebek atau batangan yang terbantu oleh engine brake saat menuruni jalan.

Di motor matic hal ini gak bisa dipakai, karena pasti akan tetap melaju. Tapi gak usah khawatir, untuk mengatasi hal ini bisa menyiapkan botol air dan siram disc dengan air saat merasakan rem blong. Agar suhu kembali normal dan kembali bekerja dengan semestinya.

Pengguna Kick Starter yang Ribet

Adanya electric starter menjadi suatu hal yang penting, iya kan? Apalagi pada tipe motor matic. Namun saat aki tiba-tiba tekor, opsi penggunaan kick starter alias kudu diengkol mau tidak mau harus dilakukan.

Tapi untuk menggunakan kick starter saja harus menggunakan standar dua. Berbeda halnya sama motor bebek atau batangan yang tak perlu menggunakan standar tengah alias tanpa ribet tak perlu turun dari motor.

Biaya Perawatan Lebih Mahal

Menawarkan kepraktisan, motor matic nyatanya butuh biaya perawatan yang lebih. Termasuk parts yang memang lebih banyak. Misalkan saja oli, di motor biasa hanya ada oli mesin. Sedangkan motor matic ada oli mesin dan juga oli gardan.

Meski sering dianggap minor, peran oli gardan sangat penting lho. Terus untuk bagian penyalur tenaga ke roda. Motor matic ada CVT dengan parts bejibun sedangkan motor bebek atau batangan hanya membutuhkan rantai saja. Itu pun cukup mudah dalam hal perawatan.

Ban Motor Matic Cepat Minta Ganti

Ban sepeda matic biasanya berukuran lebih kecil. Yang sering dipakai yakni velg berdiameter 14 inci. Penggunaan velg lebih kecil juga berpengaruh putaran roda. Roda motor matic cenderung lebih banyak berputar dari ban dengan diameter lebih besar untuk menempuh jarang yang sama. Lantas, ban di motor matic tanpa disadari tentunya akan lebih cepat habis.

Boros Bahan Bakar

Jika dibanding motor bebek atau sport, motor matic sedikit lebih boros bahan bakat.
Meski sepeda motor matic sudah berteknologi injeksi yang terkenal iritnya. Memang betul lebih irit jika dibandingkan motor matic yang masih karburator, namun jika melakukan perbandingan dengan motor bebek atau motor laki berkapasitas mesin sama yang sama-sama injeksi juga, pemakaian bahan bakar motor matic akan sedikit lebih boros. Hal ini dipengaruhi karena putaran mesin motor matic lebih tinggi.

Nah, itu dia beberapa hal minor yang menjadi kekurangan di motor matic. Terlepas dari itu semua motor tipe matic khususnya skutik menawarkan suatu hal lebih. Kamu termasuk penggemar motor matic gak nih?

Sumber : idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *