Lagu-lagu dari Sang Musisi Legendaris Ebiet G Ade yang Menginspirasi

Lagu-lagu dari Sang Legendaris Ebiet G Ade yang Menginspirasi

Ebiet G Ade, Penyanyi dan Penulis Lagu

Musisi legendaris – Siapa yang tidak kenal dengan Ebiet G Ade? Sesosok penyanyi dan penulis lagu Musisi legendaris yang dikenal karena karya-karya yang fenomenal. Pemilik nama Abid Ghoffar bin Aboes Dj’far ini dikenal lagunya yang bertemakan alam. Sebut saja seperti ‘Berita Kepada Kawan’, ‘Titip Rindu buat Ayah’, ‘Aku Ingin Pulang’.

Suka Musik dari Sang Ayah

Ebie G Ade mengungkapkan jika ketertarikannya kepada dunia musik berawal dari sang ayah. Menurut Ebiet, ayahnya dulu merupakan pemain biola.

Baca juga : IHSG Dibuka Cerah Jelang Akhir Pekan

“Kebetulan saya dapat tetesan darah suka musik itu dari ayah. Ayah saya itu dulu pemain biola. Dia tidak bermain secara kelompok, memainkan biola setiap hari,” kata Ebiet seperti dikutip dari video di channel Official Net News.

Buat Lagu Bernuasakan Tentang Alam

Hampir sebagian besar karya lagunya bertemakan alam. Ebiet G Ade pun punya alasan tersendiri.

“Dulu niatnya cuma mengingatkan diri saya saja bahwa sebaiknya kita-kita hidup berusaha berdampingan dengan makhluk lain ciptaan tuhan. Kemudian masyarakat bisa menafsirkan lebih jauh bahwa lagu-lagu itu bisa jadi tema besar, dalam satu peristiwa bencana misalnya yang kemudian membangkitkan empati banyak orang untuk membantu. Itu buat saya berkah dan mudah mudahan jadi ibadah,” kata Ebiet.

Fakta Lagu ‘Berita Kepada kawan’

Salah satu lagu Ebiet G Ade yang fenomenal adalah ‘Berita Kepada Kawan’. Lagu ini pun begitu akrab di telinga masyarakat di idn poker apk lama semua kalangan. Ebiet pun bercerita soal makna lagu yang diciptakannya tersebut.

“Pada saat itu kebetulan di daerah dekat dari tempat saya lahir ada peristiwa gas beracun di Dieng. Itu membuat saya tergerak untuk menulis bahwa kalau kita memahami bahwa alam atau kita mau berusaha mendekati alam, isyarat-isyaratnya rasanya kita tidak akan berseteru dengan alam tapi justru bersinergi membuahkan kebaikan buat kita semua. Hasilnya lagu itu,” kata Ebiet.

Persembahkan Sebuah Lagu untuk Sang Istri

Ebiet menyatakan jika salah satu albumnya ‘Serenade’ awalnya dibuat khusus untuk sang istri.

Album dipersembahkan untuk istri karena istri ini bagian penting dalam hidup saya. Dia sudah rela menemani saya, tapi di tengah perjalanan istri dan anak anak ‘ini untuk masyarakat aja’,” kata Ebiet.

SBY Minta Untuk Nyanyikan Lagu Ciptaannya Kepada Ebiet

Ebiet G Ade pun pernah memiliki kenangan dengan Presiden Indonesia ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ebiet pernah diminta untuk menyanyikan lagu karyanya.

Sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *