Manfaat Kesehatan dari Daun Seledri, Jangan Dianggap Hanya Hiasan!

Manfaat Kesehatan dari Daun Seledri, Jangan Dianggap Hanya Hiasan!

Manfaat Kesehatan dari Daun Seledri

Manfaat Kesehatan dari Daun Seledri – Di makanan seperti bakso, kroket, dan salad anda pasti sering sekali menjumpai sayuran yang bernama seledri ini. Sayuran hijau yang berbentuk seperti daun yang bergerigi dan sering sekali digubakan sebagai hiasan yang nyatanya membawa segudang manfaat penting dalam tubuh.

Baca juga : Inovasi Baru Bebek Termahal Honda, Aura Klasiknya Jadi Terpancar

Riset tentang seledri dan mengetahui fakta bahwa salah satu kandungan seledri adalah antioksidan. Walaupun tidak banyak berisikan vitamin atau mineral seperti sayuran lainnya, tetapi seledri adalah sumber bagus untuk vitamin K.

Mengurangi Berat Badan

Kalori yang diberikan sayuran ini tergolong kecil, yaitu 10 kalori untuk satu tangkainya, tetapi memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Ini membuatmu bisa merasa kenyang dalam waktu lama.

Cegah Peradangan

Hal ini berhubungan dengan kandungan luteolin di dalam seledri yang dapat menghambat COX-2, enzim yang memicu peradangan.

Tingkatkan Gairah Seks

Seledri dikatakan juga punya efek terhadap masalah seks. Karena mengandung androstenone dan androstenol (feromon pria), seledri mampu membuat pria yang memakannya menjadi lebih menarik. Alan R. Hirsh, penulis buku Scentsational Sex: The Secret to Using Aroma for Arousel, menunjukkan hal tersebut dalam bukunya.

Mencegah Mulas

Dikatakan jika seledri adalah obat alternatif untuk mengatasi mulas yang sudah digunakan sejak zaman dulu. Riset dari Annals of Otology, Rhinology & Laryngology menunjukkan jika seledri rendah asam, membuatnya cocok untuk dikonsumsi mereka yang memiliki tingkat asam lambung tinggi.

Melancarkan Pencernaan

Serat pada seledri juga dapat melancarkan pencernaan. Belum lagi ditambah adanya kandungan antioksidan pada seledri, membuat usus menjadi lebih sehat.

Penelitian yang dipublikasikan pada Pharmaceutical Biology menunjukkan jika tikus percobaan yang makan seledri memiliki lambung lebih baik.

Anti Dehidrasi

Seledri memiliki banyak kandungan cairan. Malahan berdasarkan Ware yang dikutip dari livescience.com, 95 persen dari tubuh seledri adalah air.

Hal ini mengindikasikan jika seledri sangat cocok dikonsumsi untuk mereka yang ingin menaikkan tingkat cairan tubuhnya atau tidak ingin mendapati dirinya terkena dehidrasi.

Rendah Kolestrol dan Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang sudah dikatakan jika seledri kaya akan serat dan serat ini mampu mendorong komponen kolesterol dalam lambung untuk keluar.

Memang penelitian akan hubungan serat dengan kolesterol pada manusia masih kurang, tetapi ini sudah terbukti pada hewan dan para peneliti percaya hal yang sama terjadi pada manusia.

Dalam sebuah hidangan seledri sering dikira hanya sekadar hiasan saja, tetapi sebenarnya sayuran tersebut bisa dimakan dan membawa banyak manfaat.

Cobalah untuk mengonsumsinya dengan dibarengi makanan yang lain agar tidak terasa seperti memakan sayuran biasa.

Bagi yang menjalani diet, cobalah untuk memperbanyak mengonsumsi sayuran ini karena manfaatnya yang mampu menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *