Mereview Film Onward

Mereview Film Onward

Mereview Film Onward

Mereview Film Onward,- Pixar menyajikan sesuatu yang baru lewat film Onward. Terinspirasi dari kisah pribadi, sutradara sekaligus penulis naskah Dan Scanlon membuat Onward menjadi petualangan yang unik, magis, menyenangkan, serta mengharukan dalam porsi pas.

Onward menceritakan petualangan Ian dan Barley Lightfoot bersaudara menghidupkan kembali sisa-sisa keajaiban magis yang lekang dimakan waktu dan perkembangan teknologi Idn Poker. Petualangan itu dimulai ketika Ian berulang tahun ke-16 dan mendapatkan hadiah tongkat ajaib dari ayah, Wilden Lightfoot.

Wilden mengatakan menggunakan tongkat ajaib berbatu permata dengan mantra akan bisa memunculkan dirinya di hadapan Ian dan Barley selama 24 jam, meski Wilden telah meninggal belasan tahun lamanya.

REVIEW FILM LAINNYA: Review Film: Hitman: Agent Jun

Hal tersebut disambut baik Ian dan Barley, terutama Ian yang tak pernah bertemu dengan ayahnya sejak lahir. Namun upaya yang dilakukan Ian dan Barley tak sempurna dalam ‘menghidupkan kembali’ ayah mereka. Sosok Wilden hanya muncul separuh tubuh. Hal itu kemudian memaksa Ian dan Barley berjuang mendapatkan batu permata lagi supaya sang ayah benar-benar kembali. Petualangan dimulai.

Jalan cerita Onward di awal terasa sedikit lambat. Namun dengan hal itu, Dan Scanlon membuat penonton memahami perbedaan jauh karakter Ian dan Barley. Pendalaman di awal ini membuat penonton nantinya bisa melihat perkembangan karakter dua bersaudara ini di akhir.

Tom Holland memerankan karakter Ian Lightfoot dengan apik. Kepolosan, keragu-raguan, bahkan gegabah ala anak remaja ditampilkan Holland dengan baik. Sifat seperti itu sudah mahir dimainkan aktor kelahiran 1996 tersebut sejak Spider-Man.

Sementara itu, Chris Pratt memerankan karakter Bradley yang berbeda 180 derajat dari Ian. Bradley memiliki sifat urakan, tak kenal rasa takut, berani menantang bahaya selayaknya darah muda. Namun ia tetap menjadi penjaga Ian.

Pengetahuan Barley mengenai mantra dan petualangan ajaib yang berdasar dari gim kartu Dungeons & Dragons membuat Ian menyebutkan banyak mantra ajaib yang sedikit mengingatkan dengan film Harry Potter. Lewat jalan cerita yang sedikit lambat di awal, Scanlon juga membawa penonton untuk melihat tingkat putus asa seseorang untuk melihat orang yang dikasihi. Hal tersebut bahkan bisa membuat mata penonton mulai berkaca-kaca.

REVIEW FILM LAINNYA: Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2

Meski membuat mata berkaca-kaca, Onward juga menyajikan banyak humor melalui tingkah Barley, Ian, dan beberapa karakter pendukung lainnya seperti sang ibu (Julia Louis-Dreyfus), Corey (Octavia Spencer), bahkan dari sang ayah yang hanya setengah tubuh.

Visual yang unik seperti unicorn di tempat sampah, trolls, putri duyung, gnomes, serta makhluk mitos lainnya juga menjadi hiburan bagi mata yang bisa memancing tawa. Selain itu, sesuai dengan judul, Onward mengajarkan tentang kehidupan yang harus terus berjalan, memberi ruang untuk kesempatan baru atau kedua.

Tak hanya itu, perjalanan yang ditempuh Ian dan Barley juga seakan mengajak penonton menyadari prioritas dan lebih menghargai hal-hal yang dimiliki saat ini, tidak hanya fokus pada yang hal yang tak dimiliki. Percakapan Ian dan Barley mengenai petualangan unik serta magis tersebut bisa membuat orang dewasa diam-diam meneteskan air mata, persis ciri khas film-film Pixar.

Onward jadi kesempatan pertama Pixar mengenalkan karakter LGBTQ melalui karakter Specter yang diperankan oleh Lena Waithe. Namun pengenalan tersebut terbilang hanya sekilas dan bahkan mungkin bisa saja tak disadari. Sehingga mestinya tak akan mengganggu atau membuat khawatir sebagian masyarakat di Indonesia.

Secara keseluruhan, apabila Disney memiliki Frozen untuk mengangkat petualangan kehidupan dua bersaudara, Pixar kini memiliki Onward dengan kisah yang lebih menyentuh. Sinopsis lengkap Onward bisa dibaca di sini.

Menurut saya, Onward menjadi salah satu film lepasan terbaru yang dibuat baik oleh Pixar setelah Coco (2017), Inside Out (2015) dan The Good Dinosaur (2015). Film ini juga layak ditonton bersama keluarga, baik anak-anak dan orang tua. Onward tayang mulai 4 Maret dan bisa disaksikan di seluruh jaringan bioskop Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *