Pemerintah Akan Siapkan Tiga Pulau Karantina Virus Corona

Pemerintah Akan Siapkan Tiga Pulau Karantina Virus Corona

Pemerintah Akan Siapkan Tiga Pulau Karantina Virus Corona

Pemerintah Akan Siapkan Tiga Pulau Karantina Virus Corona Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Bapak Muhadjir Effendy, menyatakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia (RI) sudah siapkan tiga pulau untuk tempat karantina virus corona atau yang di kenal covid-19.

Ketiga pulau ini adalah beberapa yang bernama Pulau Natuna, Kepulauan Riau, Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, dan Pulau Galang, Batam. Untuk Pulau Natuna dan Sebaru, sebelumnya sudah difungsikan sebagai tempat karantina bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari luar negeri Taruhan S128 Sabung Ayam.

Pulau Natuna sebelumnya difungsikan untuk mengkarantina WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China dan Pulau Sebaru digunakan untuk karantina WNI yang bekerja di Kapal Pesiar Diamond Princess, Jepang.

“Pulau Galang akan kami siapkan pastinya untuk proses evakuasi, observasi dan karantina, untuk antisipasi adanya wabah virus corona,” terang Muhadjir di Sengkaling Convention Hall, Jumat 6 Maret 2020 di Malang.

Dengan menyiapkan Pulau Galang Batam sebagai salah satu tempat karantina khusus bagi WNI yang dievakusi dari luar negeri, Muhadjir menyatakan hal ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah RI mengantisipasi wabah virus corona.

“Pulau Natuna dan yang satunya Pulau Sebaru kan sudah mulai siap untuk dipakai. Nah kami akan tambah lagi yaitu Pulau Galang,” tutur mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Muhadjir mengungkapkan, Presiden Jokowi sudah menginstruksikan Panglima TNI untuk menyiapkan Pulau Galang sebagai tempat karantina wabah virus corona dalam waktu dua minggu.

“Tinggal kami siapin aja dan gak perlu membangun apa apa di sana. Tinggal direhab saja fasilitasnya. Dulu (Pulau Galang) itu dijadikan pengungsian warga Vietnam. Maka dari itu akan kami benahi saja,” ujarnya.

Muhadjir juga menyatakan, saat ini Indonesia sudah mempunyai 132 rumah sakit rujukan untuk penanganan virus corona yang tersebar di tanah air.

“Rumah sakit swasta¬† yang kami periksa harus yang memenuhi syarat juga kami dorong untuk menjadi pilihan rumah sakit rujukan (corona /covid-19) sehingga semakin banyak rumah sakit rujukan semakin baik,” ungkapnya.

Muhadjir menambahkan, bagi daerah yang belum memiliki rumah sakit rujukan penanganan virus corona, agar menyiapkan rumah sakit pertolongan pertama dan stabilisasi virus corona, sebelum pasien dikirim ke rumah sakit rujukan terdekat.