Rekor dari Para Kiper Terbaik Ini Akan Sangat Susah untuk Dipatahkan

Rekor dari Para Kiper Terbaik Ini Akan Sangat Susah untuk Dipatahkan

Rekor dari Para Kiper Terbaik

Rekor dari Para Kiper Terbaik – Di era sepak bola modern, kiper tidak hanya cuma bertugas menjaga gawang agar tidak kebobolan. Mereka juga bisa berfungsi sebagai pemain awal untuk meluncurkan serangan. Bahkan, tidak sedikit yang menjadi pemimpin di tim dalam sebuah pertandingan.

Baca juga : Lupakan Rivalitas, McGregor Doakan Ayahnya Khabib yang Sedang di Rawat

Saat ini mungkin menemukan nama kiper yang handal tidaklah sulit. Namun, bagaimana jika penjaga gawang tersebut ternyata mampu mencetak rekor yang diakui secara internasional? Ini lah deretan rekor seorang kiper yang mungkin akan sangat sulit untuk dipatahkan nantinya.

Kiper dengan Catatat Gol Terbanyak

Dengan tugas utama menjaga gawang, sulit bagi kiper untuk mencetak gol. Namun, ini tidak berlaku untuk Rogerio Ceni. Pemain asal Brazil itu bahkan menjadi kiper dengan catatan gol terbanyak, yakni 131 gol selama 1.256 partai dalam 23 tahun karier profesionalnya.

Kiper Peraih Ballon d’or

Ballon d’Or merupakan penghargaan prestisius yang diidamkan banyak pemain. Mayoritas peraih gelar ini adalah striker dan gelandang. Untuk kiper, Lev Yashin masih menjadi satu-satunya penjaga gawang yang memenangkan anugerah itu pada tahun 1963.

Kiper Tertua yang Tampil di Piala Dunia

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Essam El Hadary menorehkan rekor tersendiri. Kiper timnas Mesir itu tercatat sebagai penjaga gawang sekaligus asensioexposed.com pemain tertua yang pernah bermain di Piala Dunia. Saat tampil melawan Arab Saudi, ia genap berusia 45 tahun 161 hari.

Clean Sheet Terpanjang di Piala Dunia

Kiper asal Italia, Walter Zenga, berhasil mengamankan gawangnya dari kebobolan selama 517 menit atau 5 partai beruntun pada Piala Dunia 1990 di rumah sendiri. Rekor tersebut sempat didekati kiper Spanyol, Iker Casillas, pada Piala Dunia 2014 lalu, namun gagal.

Kiper Cetak Gol Terjauh

Asmir Begovic tercatat sebagai kiper sekaligus pemain yang mampu mencetak gol terjauh dalam partai resmi, menurut Guinness World Records. Ia mencatat gol dari jarak 91,9 meter saat timnya, Stoke City, bersua Southampton pada bulan November 2014 silam.

Kiper Aktif Bermain dalam Empat Dekade

Tidak banyak pemain bola yang mampu bermain selama empat dekade, namun Gianluigi Buffon adalah pengecualian. Sejak debut di Parma, kiper asal Italia itu sudah bermain di kompetisi level atas pada dekade 1990-an, 2000-an, 2010-an, hingga tahun 2020.

Penyelamatan Terbanyak di Piala Dunia

Amerika Serikat memang kalah lawan Belgia dalam partai Piala Dunia 2014 lalu. Namun, sang kiper, Tim Howard, mampu melakukan 16 kali penyelamatan dalam pertandingan tersebut, sekaligus rekor baru dalam Piala Dunia sejak pencatatan dimulai tahun 1966.

Nah, itu tadi deretan kiper yang sukses membuat rekor keren dan mungkin susah dipatahkan dalam waktu dekat. Jadi, bukan cuma striker dan pemain tengah yang bisa membuat rekor-rekor fantastis di lapangan hijau.

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *