Terbukti! Inilah 2 Manfaat Madu Mentah yang Menyehatkan Tubuh

Terbukti! Inilah 2 Manfaat Madu Mentah yang Menyehatkan Tubuh

Tahu Madu Mentah? Ini 6 Manfaatnya

Melansir dari asensioexposed.com, madu mentah sudah sangat lama di gunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun. Ini karena madu mentah mengandung unsur sehat yang tidak di miliki oleh madu olahan.

Madu mentah yang langsung berasal dari sarang lebahnya mengandung bee pollen yang menyehatkan. Selain itu mengandung propolis lebah, dan banyak antioksidan. Bee pollen dan bee propolis adalah zat lengket seperti lem yang di gunakan lebah untuk menyatukan sarangnya. Umumnya madu biasa mungkin tidak mengandung tingkat bee propolis dan bee pollen yang sama dengan madu mentah.

Mengutip dari louisvuittonoutletstoreslv.us.com/ sebuah laporan dalam jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine tahun 2015, propolis dan bee pollen dapat menawarkan sifat antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antikanker.

Tanpa berlama-lama, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan madu mentah bagi tubuh kita, yuk simak bersama!

1. Memiliki efek antioksidan

Yang pertama madu alami dapat di definisikan sebagai zat cair yang manis dan beraroma dengan nilai gizi tinggi dan manfaat terapeutik yang luar biasa. Berdasarkan laporan dalam The Malaysian Journal of Medical Sciences tahun 2015, madu alami mengandung berbagai senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk fitokimia, flavonoid, dan asam askorbat.

Antioksidan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dengan membersihkan radikal bebas. Di rangkum dari berbagai sumber, stres oksidatif telah di kaitkan dengan berbagai kondisi kronis, misalnya banyak jenis kanker. Meningkatkan asupan makanan yang tinggi antioksidan tentu dapat membantu kamu terhindar dari banyak penyakit.

2. Mengandung nutrisi khusus yang menyehatkan

Lalu yang kedua perlu di ketahui bahwa nutrisi dan komposisi kimiawi madu mentah bervariasi di berbagai lokasi geografis. Yang mana hal ini di pengaruhi oleh asal tumbuhan madu, yang merupakan konsekuensi dari makanan lebah. Terlepas dari faktor-faktor tersebut, madu tetap mengandung senyawa yang menyehatkan, seperti antioksidan, asam amino, dan vitamin .

Madu mentah mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral seperti niasin, riboflavin, kalsium, magnesium, mangan, kalium, fosfor, dan seng.

Meski begitu, madu mentah secara alami mengandung gula. Lebih dari setengah gula dalam madu adalah fruktosa. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), fruktosa telah di kaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Karena kandungan fruktosanya, madu bisa menjadi pilihan yang lebih sehat bila di bandingkan dengan gula. Mengutip laporan dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity tahun 2018, madu mungkin menawarkan efek perlindungan terhadap diabetes dan membantu memperbaiki kadar kolesterol.